Khasiat Bawang Putih

Khasiat bawang putih bagi kesehatan sudah terkenal diseluruh lapisan masyarakat dunia, akan tetapi Apa yang membuat bawang putih mempunyai khasiat yang sangat tinggi bagi kesehatan? Hampir semua penelitian membuktikan bahwa kandungan aktif sulfur yang terdapat pada bawang putih mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk komponen bioaktif seperti alisin, aliin, dan ajone yang sangat berguna bagi kesehatan manusia.

Sulfur di dalam tubuh manusia sangat berguna untuk menurunkan kolesterol di dalam darah, menurunkan risiko gejala stroke, ateroskelorosis dan antitrombosis, serta antiagregrasi platelet. Kandungan sulfur pada bawang putih dipengaruhi oleh varietas, kematangan, kultur, kondisi lingkungan dan metode dalam pengolahannya.

Aliin merupakan prekursor utama komponen bioaktif yang terdapat di dalam bawang putih. Aliin dapat digunakan sbagai antibiotik alami. Komponen ini merupakan padatan yang tidak berwarna dan tak berbau.

 Dalam bawang putih utuh, prekursor ini terdapat dalam jumlah 0,24 persen (berat basah). Salah satu peran terpenting aliin adalah sebagai prekursor terbentuknya alisin, melalui proses hidrolisasi dengan bantuan enzim aliinase.

Alisin merupakan senyawa yang penting pada bawang putih. Senyawa inilah yang menimbulkan bau khas menyengat pada bawang putih karena mengandung sulfur dengan struktur tidak jenuh dan dalam beberapa detik saja akan terurai menjadi dialildisulfida.

Diketahui alisin dapat meningkatkan produksi antioksidan tubuh, yaitu glutation peroksidase dan katalase. Glutation peroksidase dan katalase merupakan enzim alami di dalam tubuh yang berperan sebagai antioksidan kuat untuk menangkal serangan radikal bebas, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, penuaan kulit, serta penyakit degeneratif lainnya.

Manfaat lain alisin, megambar bawang putihrupakan zat aktif yang mempunyai daya antibiotika yang cukup ampuh. Banyak penelitian yang membandingkan daya kerja alisin dengan penilsilin. Beberapa diantaranya menunjukkan bahwa alisin mempunyai kemamputan 15 kali lebih kuat daripada penisilin. Selain itu, alisin juga diketahui berfungsi sebagai antibakteri dan antiradang.

Alisin juga memiliki mekanisme molekuler untuk memblokade aktivitas enzim yang menyebabkan infeksi dan gangguan metabolisme, yakni enzim cysteine proteinase dan enzim alcohol dehidrogenase. Enzim cysteine proteinase merupakan penyebab utama infeksi. Enzim ini membantu mikroba merusak dan menembus lapisan sel.

Sementara itu, enzim alcohol dehidrogenase membantu mikroba tetap hidup dan berkembang biak di dalam sel. Kedua enzim yang umumnya ditemukan pada hampir semua bakteri, jamur dan virus tersebut, perlu dihambat aktivitasnya. Untuknya komponen bawang putih mampu melakukannya.

Komponen alisin secara alami tidak terdapat di dalam bawang putih, tetapi terbentuk dengan cepat apabila jaringan sel bawang putih terluka, misalnya pada saat diiris atau digiling. Alisin terbentuk maksimum pada pH 6,5 pada pH 9, komponen utama yang terbentuk dari alisin adalah dialil trisulfida, dialil disulfida, metil alil disulfida dan dialil disulfida.

Pada pH kurang dari 2 dan lebih dari 10, enzim aliinase menjadi inaktif. Dekomposisi alisin dapat terjadi apabila tiga molekul alisin bergabung menjadi satu menghasilkan ajone.  Ajone mempunyai peran penting sebagai agen antiagregasi platelet. Ajone memiliki cara kerja mirip aspirin, yaitu menghambat resptor fibrinogen pada trombosit, meskipun dengan efektivitas kerja yang lebih rendah.

Ajone memiliki struktur molekul yang besar dan tidak bersifat volatil (menguap). Ajone murni merupakan suatu cairan yang tak berwarna dan  tidak menimbulkan bau. Transofrmasi alisin menjadi ajone sangat bergantung kepada polaritas pelarut yang digunakan.

Vinyldithiin merupakan komponen bioaktif pada bawang putih yang memiliki berat molekul rendah, sehingga zat ini kurang stabil dan mudah menguap. Komponen ini mempunyai peran yang sangat penting, yaitu sebagai agen antiagregasi platelet darah (mencgah penyumbatan pembuluh darah). Vinyldithiin pada bawang putih, selain terdapat secara alami, juga dapat terbentuk dari hasil dehidrasi alisin.

Pembentukan vinyldithiin dalam jumlah besar dapat terjadi dengan menginkubasi alisin pada suhu 37oC atau pada suhu ruang selama beberapa jam dalam pelarut organik. Vinuldithiin murni berbentuk cairan minyak yang berwarna kuning. Aroma yang ditimbulkannya sangat meuruk, tetapi kurang menuruk bila dibandingkan dengan sulfid yang lain.

Scordinin merupakan senyawa bioaktif yang dapat memperepat pertumbuhan tubuh. Dalam botani bawang putih, scordini berperan sebagai enzim pertumbuhan dalam proses germinasi (pertumbuhan tunas) dan pengeluaran akar.

Scordinin diyakini dapat memberikan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu disebabkan oleh kemampuan scordinin untuk bergabung dengan protein dan menguraikannya, sehingga menjadi lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Alisin dan scordinin mempunyai andil besar dalam menempatkan bawang putih sebagai salah satu pengobatan tradisional.

Masih banyak komponen bawang putih yang mempunyai manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan manusia. Gurwithrays pada bawang putih dapat merangsang pertumbuhan sel tubuh dan memiliki daya peremajaan bagi semua fungsi tubuh.

Bawang putih juga mengandung zat antihemofilik yang dapat berfungsi sebagai antilesu darah, dan metal alil trisulfida yang dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, kandungan saltivine pada bawang putih dapat mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan, serta merangsang susunan sel.

Dari seluruh komponen yang terdapat dalam bawang putih, belum diketahui senyawa mana yang paling penting perannya. Beberapa literatur menunjukkan bahwa kombinasi senyawa alisin dan scordinin mempunyai pengaruh yang paling dominan, tetapi belum terbukti secara data statistik ilmiah.

Cara Kurangi Bau

Bawang putih dengan khasiatnya yang luar biasa, ternyata juga mempunyai kelemahan, yaitu dapat menimbulkan bau badan dan bau mulut yang menyengat, terutama jika dikonsumsi mentah dalam jumlah yang sangat banyak.

Komponen bawang putih yang terserap melalui aliran darah dikeluarkan sebagai keringat melalui pori-pori kulit, menyebabkan bau badan. Sementara itu, bau mulut disebabkan oleh sisa bawang putih yang tertinggal di sela-sela gigi, terutama leh senyawa alisin yang struktur sulfidanya tidak stabil.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi bau yang ditimbulkan oleh bawang putih adalah dengan cara memasaknya. Proses perebusan, pengukusan, penumisan, atau penggorengan dapat mengurangi bau bawang putih. Kandungan gizi khasiat bawang putih memang sedikit berkurang bila dimasak, tetapi kehilangan ini tidak terlalu bermakna. (dari berbagai sumber).

Khasiat Bawang Putih Lainnya

Khasiat bawang putih yang biasanya sering digunakan oleh ibu-ibu untuk bumbu aneka masakan sebagai menambah citra rasa ini ternyata juga mempunyai banyak manfaat lain yaitu untuk kesehatan tubuh kita. Bawang putih memiliki kemampuan yang hebat dalam menyembuhkan beberapa penyakit walaupun aromanya sangat menyengat. Para ilmuan sendiri juga sudah lama memperhatikan akan tingginya manfaat umbi satu ini dalam perannya melawan berbagai macam penyakit. Bila ingin merasakan khasiatnya yang lebih, jangan mengkonsumsi dalam bentuk bumbu masak tetapi makanlah dalam keadaan segar atau dengan kata lain memakannya secara langsung dalam keadaan bentuk yang utuh, Begitulah inti sari dari sebuah riset yang dimuat American Chemical Society’s Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Berbagai Khasiat Bawang Putih.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang putih memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung atau penyumbatan. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung sulfida yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol LDL.

2. Membunuh Kuman didalam Tubuh

Bawang putih memiliki kandungan senyawa kimia aktif yaitu allicin yang dikenal sebagai pembunuh kuman atau antibakteri.

3. Sebagai Pelindung dari Infeksi

Allicin juga berguna untuk meningkatkan antibodi dan pelindung tubuh dari infeksi.

4. Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes

Konsumsilah beberapa siung bawang putih setiap harinya karena dengan mengkonsumsi secara langsung (tidak dikonsumsi dalam bentuk bumbu masakan) akan mendapatkan manfaatnya yang lebih bagi kesehatan kita. Dengan melakukan hal tersebut tingkat insulin dalam aliran darah akan meningkat.

5.  Mengobati Sakit pada Telinga

Antioksidan dari bawang putih berguna untuk mengeluarkan kotoran didalam telinga dan membunuh bakteri. Coba teteskan 3 tetes minyak bawang putih hangat (hasil ekstrak) ke telinga yang sakit untuk membantu infeksi atau sakit pada telinga.

6. Melancarkan Pencernaan

Dengan mengkonsumsi beberapa potongan kecil siung bawang putih setelah makan maka kinerja sistem pencernaan kita akan meningkat dengan baik. Saat mengkonsumsi potongan-potongan tersebut boleh menggunakan air sebagai bantuan untuk menelannya. Ini adalah cara yang efektif untuk terhindar dari sembelit.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah

khasiat bawang putih yang lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah karena racun didalam tubuh akan keluar setelah mengkonsumsinya. Hal tersebut juga dapat membuat kulit akan terlihat lebih sehat.

8. Menyembuhkan Patah Tulang

Minyak bawang putih dapat membantu ketika masa penyembuhan tulang yang patah akibat kecelakan. Pijat dengan pelan-pelan menggunakan minyak tersebut pada daerah patah tulang.

9. Menghangatkan tubuh dan mengobati flu

Tumis satu siung bawang putih menggunakan sedikit minyak. Kemudian masukkan satu siung bawang putih yang sudah ditumis tersebut kedalam semangkok sup sayur (bisa disajikan bersama hidangan lainnya). Dengan mengkonsumsi tumisan bawang putih tersebut dapat membantu mengencerkan lendir yang berada didalam saluran pernafasan karena flu dan dapat menghangatkan tubuh kita.

10. Menghilangkan Jerawat

Haluskan 2 siung bawang putih atau sesuaikan dengan kebutuhan dengan cara menumbuknya. Jika sudah halus, langsung oleskan dibagian kulit yang berjerawat dan diamkan kurang lebih selama 10 menit. Lakukan hal tersebut ketika malam hari dan jerawat anda akan mengempes pada pagi harinya jika jerawat tidak terlalu parah.

Beberapa Khasiat Bawang Putih Lainnya :

11. Mengobati Batuk, Asma, dan Masuk Angin

12. Sebagai Obat Hipertensi

13. Mengobati Busung Air, Sesak Nafas, dan Busung Air

14. Mengobati Sakit Kepala

15. Mengobati Ambien

16. Mengobati Luka

17. Mempercepat Matangnya Bengkak Abses

18. Mengeluarkan Benda Asing didalam Tubuh (duri, kayu, serpihan kaca dan lain-lain)

19. Sengatan Serangga

20. Membunuh Cacing Perut

21. Mengatasi Insomnia

22. Meningkatkan Stamina

23. Mengobati Penyakit Kanker

Itulah rangkuman beberapa manfaat bawang putih, semoga bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa baca juga manfaat wortel yang tak kalah tinggi khasiatnya. Sekian dan terimakasih telah berkunjung ke halaman khasiat bawang putih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip dalam Bulan

Kategori

%d blogger menyukai ini: