Khasiat Bawang Putih

Dr. Yongxiang Zhang dari University of Tokyo, Jepang menyatakan bahwa kemampuan bawang putih menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan pada hewan percobaan sangat mengesankan. Hal itu memang tidak berarti bahwa bawang putih mampu memulihkan masa muda atau sama sekali menghambat proses penuaan. Tetapi setidaknya manfaat bawang putih membantu menghambat proses penuaan.

Di samping itu, menurut penelitian Memorial Sloan Kettering Cancer Center, bahan kimia SAMC yang terdapat pada bawang putih dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi.

Kadar kolesterol yang tinggi biasanya menjadi pertanda proses penuaan. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.

Dr. Gilles Fillion dari Institute Pasteur di Perancis menduga, bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi. Tentunya dengan efek yang lebih lembut. Ia menemukan bahwa bawang putih bermanfaat untuk membantu melepaskan serotonin, yakni bahan kimia yang terlibat dalam pengaturan serangkaian luas suasana hati dan tingkah laku termasuk kecemasan, murung, rasa sakit, agresi, stress, kurang tidur dan ingatan. Kadar serotonin yang tinggi dalam otak cenderung berfungsi sebagai obat penenang yang menentramkan Anda, memudahkan tidur, dan meringankan kemurungan. Bawang putih menolong menormalkan sistem serotonin tersebut.

2 Komentar (+add yours?)

  1. citrapelitahalawa
    Okt 11, 2011 @ 14:01:42

    mamaku pernah kumat darah tinggi, dainjurkan oleh orang2 utk mengigit-gigit bawang putih karna berkhasiat utk menurunkan tekanan darah..
    tapi pas mama meggigitnya, malah memicu utk muntah, karna tidak tahan pada baunya…
    itu gmana ya biar ndak bau pada saat digigit?

    Balas

    • ithonky1410
      Okt 12, 2011 @ 01:38:21

      bawang putih sudah menjadi konsumsi tiap hari orang tua saya karena juga terkena diabetis dan darah tinggi, dan beliau juga tidak tahan bau dan rasanya, cara makannya yaitu bawang putih dipotong kecil2 seperti pil/kapsul obat lalu langsung ditelan segitu saja dengan air, jd seperti minum obat pil/kapsul jadi tidak berasa. dan kalau bisa jangan langsung banyak tp pagi 1 siung, siang 1 siung, dan malam 1 siung kalau mau tidur dan rutin terus krn tidak ada efek samping, jangan minum langsung terlalu banyak khawatir di lambungnnya. semoga bermanfaat.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip dalam Bulan

Kategori

%d blogger menyukai ini: