Membuat Pakan Ikan Lele Dengan beberapa Alternatif

Harga pakan yang tinggi sering kali menjadi kendala bagi petani dalam budidaya lele. Oleh karena itu untuk menyiasatinya perlu digunakan pakan alternatif tambahan.

Penggunaan pakan alternatif ini diharapkan dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan keuntungan panen.

1. Komposisi bahan (% berat): tepung ikan=27,00; bungkil kacang kedele=20,00; tepung terigu=10,50; bungkil kacang tanah=18,00; tepung kacang hijau=9,00; tepung darah=5,00; dedak=9,00; vitamin=1,00; mineral=0,500;

Contoh :

Membuat pakan 5kg  

                                            Komposisi %

Tepung ikan                                   27%            1.350 gr 
Bungkil kacang kedelai              20%            1.000 gr
Tepung terigu                                11%                525 gr
Bungkil kacang tanah                 18%                900 gr
Tepung kacang hijau                     9%                450gr
tepung darah                                   5%                250 gr
Dedak/Katul                                    9%                 450 gr
Vitamin                                              1%                   50 gr
Mineral                                               1%                  25 gr
 

2. Proses pembuatan:
Dengan cara menghaluskan bahan-bahan, dijadikan adonan seperti pasta, dicetak dan dikeringkan sampai kadar airnya kurang dari 10%. Penambahan lemak dapat diberikan dalam bentuk minyak yang dilumurkan pada pellet sebelum diberikan kepada lele. Lumuran minyak juga dapat memperlambat pellet tenggelam.

3. Cara pemberian pakan:
– Pellet mulai dikenalkan pada ikan lele saat umur 6 minggu dan diberikan pada ikan lele 10-15 menit sebelum pemberian makanan yang berbentuk tepung.
– Pada minggu 7 dan seterusnya sudah dapat langsung diberi makanan yang berbentuk pellet.
– Hindarkan pemberian pakan pada saat terik matahari, karena suhu tinggi dapat mengurangi nafsu makan lele.
 
Alternatif lain membuat Pakan Lele

lele adalah hewan scavengger(pemakan bangkai)dan bersifat
omnivora/apa saja dapat dimakan, termasuk saudaranya(kanibal)
(a)
1. dedak halus (karbohidrat)
2. tepung kedelai (protein)
3. tepung jagung (karbohidrat)
4. bekicot (protein)
5. cacing (protein)
6. tepung daun pepaya, lamtoro, (protein dan karbohidrat)

cara membuat
atur aja komposisinya tidak harus semuanya, cukup salah satu dari yang diatas,
1. 1,2,3,dengan porsi 50 :20 :30
2. 1,2,4 dengan porsi 50 :20 :30
3. 1,2,5 dengan porsi 50 :20 :30
4. 1,2,6 dengan porsi 50 :20 :30

cara membuat

1. semua bahan dicampur
2. aduk rata dengan air panas
3. lemparkan ke kolam dalam bentuk basah (untuk satu hari saja)
kalau ingin tahan lebih lama di cetak seperti pelet giling aja dengan gilingan daging and dijemur hingga kering,tahan hingga 3 hari(untuk kapasitas kecil ,1-10 kg perhari)

(b)
1. kalau dekat dengan peternakan ayam potong minta aja ayam matinya terus baker hingga bulunya abis setelah itu lemparkan ke kolam.
2. kalau dekat dengan sawah cari aja belalang yang banyak setelah itu lemparkan hidup2 pasti dimakan sama lele.
3. kangkung.

PAKAN LELE ALTERNATIF LAIN LAGI

selain cacing sebagai pakan alternatif lele yang pernah saya terbitkan di kategori perikanan, maka disini saya akan mencoba untuk memberi pakan alternatif lain, yaitu dengan menggunakan pelet.
Untuk praktisnya silahkan membeli pelet dengan kualitas paling rendah dan harga paling murah kemudian tambahkan viterna dan poc, hasilnya buagus banget hampir nggak ada lele yang mati, ikan besar badan daripada kepala, sehat lincah, harganyapun terjangkau karena ini produk madein dalam negri alias ngayojakarto, hasilnya buagus banget hampir nggak ada lele yang mati, ikan besar badan daripada kepala, sehat lincah.
Atau Anda dapat mensiasasti dengan mengkombinasikan pakan pelet dengan ikan laut rucah.
Cara pemberian pakan pakai aplikasi prod Nasa.
POC Nasa, Viterna & Hormonik. semua campur jd 1 kemudian setiap pemberian pelet utk 4kg cukup campur 1 ttp viterna cmpr dgn air 1liter biarkan meresap krng lbh 5mnt baru di kasih.
Hasilnya ikan lebih sehat dan pertumbuhanya lbh cepat sehingga bisa lbh hemat pakan. Saya coba daging ikan lebih gurih tanpa kelihatan lemaknya pokonya lebih enak.

Alternatif Lain dengan Pakan Organik

Cara membuat pakan lele organik sangat mudah sekali.

Kumpulkan limbah kotoran sapi ke dalam bak yang dicampur air beserta enzim bakteri silanace (sejenis obat untuk penguraian kotoran sapi bisa anda dapatkan di toko pertanian terdekat)untuk mempercepat proses penguraian kotoran sapi. Selang lima hari kemudian, dengan proses aerasi, kotoran sapi yang telah berbentuk cairan siap diberikan ke ikan lele dengan cara di siramkan.

Nah sangat mudah bukan..? Intinya anda harus punya kolam atau bak khusus untuk pembuatan pakan organik seperti keteranga diatas.Di coba saja dulu…anda pasti akan menemukan teori sendiri dari pengalaman anda. Jika anda tak punya sapi, anda bisa mendapatkannya dari para peternak sapi yang ada di sekitar anda. Untuk lebih jelasnya tentang pembuatan pakan lele organik bisa anda download videonya di link berikut :

www.youtube.com/watch?v=H9F7i7LywGM

dan

www.youtube.com/watch?v=cTY-yBru25Y&feature=related

Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Ikuti juga Cara beternak Lele Organik.

About these ads

19 Komentar (+add yours?)

  1. Trackback: Budidaya Ikan Lele Organik « Eko Subagiyo's Blog
  2. LELASURAMADU LOVES CATFISH
    Nov 18, 2011 @ 08:17:07

    Apakah sudah pernah dilihat Pak, berapa % peningkatan protein setelah diberi poc nasa dan viterna.

    Balas

  3. F. Putra SE , HP 085359430525
    Apr 02, 2012 @ 00:41:27

    Ass…saya tertarik dengan ulasan bapak ttg Pembuatan pakan Organik, kebutulan saya pengashk pondok pesantren Ar-Rabwah di Aceh, memiliki santri +/- 150 orang sebagian besar mereka anak yatim, kami menaggung semua biaya kehidupan mereka, ada kolam ukuran 30x15m ; 3 unit, selama ini kami pelihara lele untuk memenuhi kebutuhan para santri, tapi sering gagal, apa bapak dapat membantu kami mengirimkan komposisi yang detail dalam pembuatan pakan organik cair tsb, kotoran sapi yang dipakai tsb apa yg masih basah atau telah kering, ataupun yg sudah menjadi seperti tanah? kami SANGAT BERHARAP bapak dapat membantu kami mengirimkan ke email. Jazakallaah kasiran

    Balas

    • hakim
      Mei 02, 2012 @ 13:58:27

      kami menjual bacteri xilanase dan probiotik lele organik dan akan kami berikan panduan aplikasinya hub hakim 085735585900 email elha_mas79@yahoo.com budidaya lele tanpa pakan pabrik biaya murah keuntungan maximal insayaallah

      Balas

    • ithonky
      Jul 11, 2012 @ 06:45:32

      jawaban bisa dilihat pada video pembuatannya, semoga membantu.

      Balas

    • Mayzeedan
      Agu 27, 2012 @ 11:06:44

      Yg mau panen lele 1,5bulan ane punya probiotik buat mempercepat panen lele, yang minat hub ane di 085715713094
      boleh dicoba,apa salahnya nyoba kl nanti emang hasilnya bs mengurangi biaya selama 1-1,5bulan

      Balas

  4. gufron
    Jun 21, 2012 @ 10:18:51

    assalamualaikum wr. Wb. Saya gufron dari banyuwangi. Ada bbrp hal yg ingn sy tanyakan kpd bpk mdh2n bpk bisa mmbantu. Brp perbandngan air, kotoran sapi n em4 apkh hanya d kra2 saja? Dlm proses aerasi apakah hanya cukup d aduk atau pakai alat/oksigen sprti pd akuarium? trims ats bantuanya.

    Balas

  5. slamet
    Jun 26, 2012 @ 06:17:35

    asslm…maaf mas download videonya di link berikut : dimana ya,kok g muncul…trmksh

    Balas

  6. Lele Homes
    Agu 15, 2012 @ 15:01:47

    wah membantu sekali informasinya. terima kasih.
    tambahan aja, vitamin untuk ikan lele saya coba buat dari gula jawa dan campuran lain, ikan lele saya jadi sehat dan kuat, pertumbuhannyapun ok.

    Balas

  7. Pakan Alternatif Azolla
    Agu 28, 2012 @ 22:55:06

    Azolla sangat kaya akan protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. Berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan ikan, ternak, dan unggas. Kami menyediakan BIBIT AZOLLA. Untuk pemesanan hubungi 0857 1790 7467, 0823 3234 8282
    info selengkapnya tentang azolla silahkan kunjungi blog kami: http://bibitazollagambiran.blogspot.com/

    Balas

  8. slamet
    Agu 31, 2012 @ 04:19:07

    Mhon panduannya, pelet untuk lele biasanya terapung..tapi stelah dicoba membuat..pelet yg dihasilkan tenggelam sedangkan kebanyakan pelet untuk air tawar harus terapung…mohon masukan/sarannya agar bisa menghasilkan Pelet Terapung(tidak tenggelam)..trmkash

    Balas

  9. ithonky
    Agu 31, 2012 @ 07:19:18

    pelet bisa terapung karena kadar kekeringan pelet, kalau pelet dijemur dan kering maka pelet tersebut akan terapung. mungkin dari teman2 yang lain bisa menambahkan silahkan. semoga membantu.

    Balas

  10. produk kecantikan
    Okt 21, 2012 @ 22:08:41

    nice info………byank sekali alternatif pkan lelex………. kalau pembuatan pakan lelex slah perhitungan apa jg bs mempengaruhi kualitas pakan lelex ya ?
    apa jg ada dampak negatifx ja ?
    mohon d share

    Balas

  11. Trackback: komposisi pakan lele | Makanan Siap Saji
  12. mahyudhy putra
    Feb 16, 2013 @ 12:50:52

    ass…
    maap sebelum nya mas,saya masih pemula untuk belajar2 ternak lele mas…
    kalau saya boleh tau pakan yg baik untuk lele umur sekitar 1 sampai 2 minggu dan seterus nya apa yah???
    mohon bantuan nya mas…trims

    Balas

  13. m.wahab
    Feb 25, 2013 @ 16:43:36

    kalau dari dedaunan ada gak pak yg bsa dbikin pakan alternatif,kalo ada sya hrap brkt cranya. .trims

    Balas

  14. ois
    Jul 10, 2013 @ 16:25:27

    ukuran porsi untuk lele umur 6mgg/hari,.berapa kilo?
    tlong ksih tau

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip dalam Bulan

Kategori

%d blogger menyukai ini: